Definisi Konvensional
Pencapaian tujuan-tujuan organisasional dengan jalan yang efektif, dan efisien, melalui :
- Perencanaan
- Pengelolaan
- Leading
- Kontroling
- dan beberapa otoritas tambahan : Staffing
- "The art of getting things done through people. [M.P.Follet]
- "The manager's job can be broadly defined as deciding what should be done and getting other people to do it." [Rosemary Stewart]
- "[Management] involves people looking beyond themselves and exercising formal authority over the activities and performance of other people. [Mullins]
Konsep Kunci Manajemen
1. Empat Fungsi Utama Manajemen :
- Planning
- Organizing
- Leading
- Controling
- Sering kali, tambah fungsi lain yaitu Staffing
Penjelasan :
1. Planning
- Menentukan tujuan organisasi dan memilih serangkaian aksi dari beberapa alternatif yang ada untuk mencapai tujuan tersebut.
- Menentukan apa yang harus dilakukan, bagaimana, kapan dan siapa yang melakukan.
- Menentukan bagaimana aktivitas dan sumber daya dikelompokkan.
- Menentukan komposisi tim kerja dan aktivitas koordinasi.
- Serangkaian proses yang digunakan untuk membuat semua personel organisasi bekerja sama untuk meningkatkan keuntungan.
- Memotivasi dan berkomunikasi dengan SDM organisasi untuk memastikan bahwa tujuan organisasi tercapai.
- Memonitor tujuan organisasi dalam mencapai tujuan
- Proses membandingkan hasil dan harapan, dan melakukan perubahan-perubahan yang tepat.
- Rekruitasi, seleksi, pemberian tugas, pelatihan, pengembangan, evaluasi, dan pemberian kompensasi kepada staff.
1. Efektif
- Tingkat pencapaian tujuan.
- membuat keputusan yang tepat dan sukses dalam mengimplementasikannya.
- Melakukan hal yang tepat, dengan tepat, di waktu yang tepat.
- Menggunakan sumber daya minimal untuk menghasilkan output dengan volume yang diharapkan.
- Menggunakan sumber daya secara bijak dan hemat.
- Mengoperasikan dengan sesuai sehingga tidak ada sumber daya yang terbuang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar