Minggu, 14 Oktober 2012

Rangkuman Dasar Manajemen

Definisi Manajemen 1

Definisi Konvensional
Pencapaian tujuan-tujuan organisasional dengan jalan yang efektif, dan efisien, melalui :

  • Perencanaan
  • Pengelolaan
  • Leading
  • Kontroling
  • dan beberapa otoritas tambahan : Staffing
Definisi Manajemen 2

  1. "The art of getting things done through people. [M.P.Follet]
  2. "The manager's job can be broadly defined as deciding what should be done and getting other people to do it."  [Rosemary Stewart]
  3. "[Management] involves people looking beyond themselves and exercising formal authority over the activities and performance of other people. [Mullins]


Konsep Kunci Manajemen
1. Empat Fungsi Utama Manajemen :

  • Planning
  • Organizing
  • Leading
  • Controling
  • Sering kali, tambah fungsi lain yaitu Staffing
2. Pencapaian tujuan-tujuan organisasional dengan jalan yang efektif dan efisien

Penjelasan :

1. Planning 
  • Menentukan tujuan organisasi dan memilih serangkaian aksi dari beberapa alternatif yang ada untuk mencapai tujuan tersebut.
  • Menentukan apa yang harus dilakukan, bagaimana, kapan dan siapa yang melakukan.
2. Organizing
  • Menentukan bagaimana aktivitas dan sumber daya dikelompokkan.
  • Menentukan komposisi tim kerja dan aktivitas koordinasi.
3. Leading
  • Serangkaian proses yang digunakan untuk membuat semua personel organisasi bekerja sama untuk meningkatkan keuntungan.
  • Memotivasi dan berkomunikasi dengan SDM organisasi untuk memastikan bahwa tujuan organisasi tercapai.
4. Controling
  • Memonitor tujuan organisasi dalam mencapai tujuan
  • Proses membandingkan hasil dan harapan, dan melakukan perubahan-perubahan yang tepat.
5. Staffing
  • Rekruitasi, seleksi, pemberian tugas, pelatihan, pengembangan, evaluasi, dan pemberian kompensasi kepada staff.
Efektif dan Efisien

1. Efektif
  • Tingkat pencapaian tujuan.
  • membuat keputusan yang tepat dan sukses dalam mengimplementasikannya.
  • Melakukan hal yang tepat, dengan tepat, di waktu yang tepat.
2. Efisien
  • Menggunakan sumber daya minimal untuk menghasilkan output dengan volume yang diharapkan.
  • Menggunakan sumber daya secara bijak dan hemat.
  • Mengoperasikan dengan sesuai sehingga tidak ada sumber daya yang terbuang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar