Minggu, 14 Oktober 2012

Rangkuman Penerapan Teknologi Informasi dalam Organisasi

Latar Belakang
     Komunikasi bermedia komputer dasawarsa ini memegang peranan sentral dalam transformasi organisasi, dan kini kehidupan manusia sangat dipermudah dengan adanya kemajuan teknologi tersebut. Pengaruh yang ditimbulkan amatlah besar terutama dalam tatanan dan cara kerja kita dalam suatu organisasi. 

            Perekonomian dunia telah mengalami transisi dari ekonomi industri menuju ke ekonomi informasi. Di dalam kompetisi sebuah organisasi mereka saling bersaing berdasarkan kemampuan dalam memperoleh prestasi. Untuk itu dibutuhkan sebuah alat yang mampu mencari data, menyimpan data, mengolah data, dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi sebuah organisasi, yang biasa kita sebut sebagai Teknologi Informasi.

Pengertian Teknologi Informasi
           Teknologi Informasi adalah teknologi (alat) yang digunakan untuk membuat, mengubah, menyimpan, dan menghasilkan sesuatu yaitu ilmu pengetahuan.

Penerapan Teknologi Informasi dalam Organisasi
           Menghadapi era persaingan industri yang hyper-competitive dengan berbagai kondisi yang tidak pasti dan sulit diramalkan, organisasi harus bersifat dinamis, fleksibel, dan cekatan. Kondisi yang sulit diramalkan ini membuat organisasi harus membuat berbagai perubahan untuk memenangkan persaingan.

      Penerapan teknologi informasi pada organisasi memerlukan suatu perencanaan yang matang.  Perencanaan strategis bisnis harus dibentuk dengan mempertimbangkan teknologi informasi sehingga teknologi informasi mampu menjadi salah satu keunggulan kompetitif dalam perencanaan strategis. Bila dilakukan secara tergesa-gesa tanpa melakukan perencanaan terlebih dahulu dikhawatirkan akan memakan biaya yang mahal dan akan mengecewakan para customer. Contoh dalam hal ini adalah penerapan sistem ATM pada bank-bank di Indonesia. Di dalam suatu organisasi kita juga dapat menggunakan teknologi informasi seperti komputer dan handphone untuk memudahkan berkomunikasi.

Kelebihan Teknologi Informasi dalam Suatu Organisasi :
  1. Yang tadinya manual menjadi otomatis.
  2. Waktu mengerjakan yang lebih efektif dan efisien. 
  3. Pengambilan keputusan yang lebih cepat. 
  4. Dengan penerapan teknologi kita akan dapat menghemat biaya promosi dan pemasaran, karena promosi lewat website akan sangat murah dan konsumen dapat melihat profil perusahaan dari mana saja diseluruh dunia.
  5. Dengan teknologi informasi maka sistem akan dapat terintegrasi di semua kantor atau perusahaan sehingga hal ini akan dapat meningkatkan kecepatan dalam merespon sesuatu dan pihak manajemen akan dengan cepat mengetahui kondisi perusahaannya tanpa harus berkunjung ke kantor cabang yang jauh dan memakan biaya transportasi.
        Jadi sebenarnya, penerapan teknologi informasi ini akan sangat menghemat biaya di semua aspek, baik tenaga kerja, proses, pemasaran, maupun manajemen. Dan penerapan teknologi informasi ini juga akan dapat mempercepat kemajuan perusahaan, dengan semakin meningkatnya margin perusahaan.

        Untuk kekurangan teknologi informasi dalam sebuah organisasi, sebenarnya tidak ada justru dengan adanya kemajuan teknologi informasi, pekerjaan setiap karyawan akan terbantu dengan adanya teknologi informasi sehingga kinerja organisasi tersebut bisa mengalami peningkatan dan semakin baik. 

Dampak Penerapan Teknologi Informasi dalam Organisasi 
    
    Teknologi Informasi telah mengubah cara kerja manusia, mulai dari cara berkomunikasi, cara memproduksi, cara mengkoordinasi, cara berpikir, dan perubahan-perubahan besar telah terjadi, melalui pemanfaatan teknologi informasi di dalam berbagai sistem bisnis dan organisasi. Teknologi Informasi telah mampu mengubah lingkungan bisnis menjadi dinamis dan yang berinteraksi dengan perkembangan teknologi informasi telah menyebabkan transformasi bisnis dan organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar