Minggu, 21 Oktober 2012

Rangkuman Infrastruktur Teknologi Informasi

Definisi Infrastruktur Teknologi Informasi 
Infrastruktur teknologi informasi adalah sumber daya teknologi bersama yang menyediakan platform untuk aplikasi sistem informasi perusahaan yang terperinci. Infrastruktur teknologi informasi terdiri dari fasilitas-fasilitas fisik, jasa-jasa, dan manajemen yang mendukung seluruh sumber daya komputasi dalam suatu organisasi. 
Infrastruktur teknologi informasi meliputi investasi dalam peranti keras, peranti lunak, dan layanan seperti : konsultasi, pendidikan, dan pelatihan yang tersebar diseluruh perusahaan atau tersebar diseluruh unit bisnis dalam perusahaan. Dapat dijabarkan dengan:

  1. Platform komputasi yang digunakan untuk menyediakan layanan komputasi yang berhubungan dengan karyawan, pelanggan dan pemasok dalam lingkungan digital yang konsisten yang meliputi mainframe besar, komputer, laptop, serta internet.
  2. Layanan telekomunikasi yang menyediakan data, suara, dan konekvisitas video kepada karyawan, pelanggan, dan pemasok.
  3. Layanan peraturan data yang menyimpan dan mengelola data perusahaan serta menyediakan kemampuan untuk menganalisis data.
  4. Layanan peranti lunak aplikasi yang menyediakan kemampuan untuk keseluruhan kemampuan seperti sistem perencanaan sumber daya perusahaan, manajemen hubungan pelanggan, rantai pemasok, dan sebagainya.
  5. Manajemen fasilitas fisik yang mengembangkan dan mengelola instalasi fisik yang dibutuhkan untuk layanan komputasi, telekomunikasi, dan manajemen data.
  6. Layanan manajemen teknologi informasi yang merencanakan dan mengembangkan infrastruktur, berkoordinasi dengan unit bisnis untuk berbagai layanan teknologi informasi, mengelola akuntansi untuk pengeluaran teknologi informasi dan menyediakan program layanan proyek.
  7. Layanan standar teknologi informasi yang memberikan kebijakan yang menentukan teknologi informasi mana yang akan digunakan, kapan dan bagaimana menggunakannya kepada perusahaan, dan unit-unit bisnis.
  8. Layanan pendidikan teknologi informasi yang menyediakan sistem pelatihan untuk karyawan dan melatih manajer dalam merencanakan dan mengelola investasi teknologi informasi.
  9. Layanan pelatihan dan pengembangan teknologi informasi yang menyediakan perusahaan dengan penelitian mengenai proyek-proyek teknologi informasi yang berpotensi dan investasi yang dapat membantu perusahaan mendiferensiasikan diri di pasar.
Evolusi Infrastruktur TI: 1950-2007   

Ada lima tahap evolusi yang telah dilewati, masing-masing evolusi memberikan konfigurasi daya komputasi dan elemen-elemen infrastruktur yang berbeda. Lima era tersebut adalah mesin akuntansi elektronik, mainframe umum dan komputasi mini komputer, PC, jaringan klien/server, dan komputasi perusahaan, dan internet. Beberapa periode era evolusi infrastruktur :
  • Evolusi mesin Akuntansi elektronik 1930-1950
  • Era mainframe umu dan komputer mini dari 1959 sampai sekarang
  • Era PC 1981 sampai sekarang
  • Era klien/server 1983 sampai sekarang
  • Era komputasi internet perusahaan 1992 sampai sekarang
Penggerak Teknologi Evolusi Infrastruktur 
  1. Hukum Moore dan Daya Pemrosesan
  2. Hukum penyimpanan Digital Besar
  3. Hukum Metcalfe dan Ekonomi Jaringan
  4. Mengurangi Biaya Komunikasi dan Internet
  5. DAmpak Jaringan dan Standar
Komponen Infrastruktur  
  1. Perangkat Keras Komputer 
  2. Perangkat Lunak Komputer
  3. Manajemen dan Penyimpanan Data
  4. Jaringan/Telekomunikasi 
  5. Internet
  6. Layanan dan Konsultasi Integrasi Sistem, dan
  7. Sistem Operasi

1 komentar: